25.9 C
Kendari
Saturday, December 9, 2023
spot_img

Partisipasi Vaksin di Buton Tengah Masih Sangat Rendah

Sekda Konstantinus Bukide dan Kepala BPBD, Siruddin saat menggelar rapat pembahasan perpanjangan PPKM mikro

SIBERKITA.COM, LABUNGKARI— Sekretaris Daerah Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara Konstantinus Bukide mengungkapkan, tingkat partisipasi masyarakat di wilayahnya untuk menjalani vaksinasi Covid-19 masih sangat rendah.

Rendahnya partisipasi tersebut cenderung lebih didominasi para lanjut usia. Dari target yang ditetapkan pada tahap awal, yang terealisasi baru sekitar 1 persen.

“Target vaksin untuk para lansia kita itu 7.485 orang tapi yang baru divaksin 122 orang. Itu artinya baru 1 persen lebih,” kata Konstantinus Bukide saat menghadiri rapat perpanjangan pemberlakuan PPKM mikro bersama tim Gugus Tugas Covid-19 di aula kantor sekretariat daerah, Jumat (30/07/2021).

Apalagi kata Konstantinus, sejak beberapa waktu terakhir Buton Tengah mengalami lonjakan kasus Covid yang cukup siginifikan.

“Per tanggal 28 Juli 2021 kasus di Buton Tengah telah mencapai 290 kasus sehingga oleh pusat melalui Kemendagri kita ditetapkan sebagai daerah PPKM dengan level tiga,” tambahnya.

Menyikapi hal itu Pemda kabupaten Buteng akan terus berupaya mendorong partisipasi masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi dengan melibatkan semua unsur, utamanya TNI dan Polri.

Selain itu Pemda kabupaten Buteng kata Konstantinus, telah merancang regulasi berupa peraturan bupati (Perbup) untuk mendorong meningkatnya angka partisipasi vaksin untuk menekan laju sebaran corona.

“Sebenarnya kita sudah punya rancangan Perbup untuk mendorong partisipasi vaksin. Kita minta dalam pelayanan pemerintahan bisa dilakukan sepanjang yang bersangkutan (masyarakat) bisa¬† menunjukan sertifikat vaksinnya. Ini rencananya akan dimulai dari tingkat desa atau kelurahan,” ujarnya.

“Sehingga bagi warga yang tidak bisa menunjukan sertifikat vaksin maka pelayanan akan dipending,” pungkasnya. (win)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest Articles