25 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

Mulai September, Android Jenis Ini Tidak Bisa Buka Gmail dan YouTube

SIBERKITA.COM– Belum lama ini, Google mengirimkan email ke pengguna sistem operasi (OS) android lawas yang berisi peringatan agar melakukan upgrade ke versi yang lebih baru.

Dilansir dari Outlet media 91mobiles melalui kompas.com, dalam e-mail tersebut, Google mengumumkan bahwa mulai 27 September 2021, ponsel Android versi 2.3.7 atau yang lebih lawas tidak akan bisa lagi login ke akun Google.

“Untuk tetap bisa menggunakan aplikasi Google di ponsel ini (Android lawas), update ponsel ke Android versi 3.0 Honeycomb, atau lebih baru,” tulis Google.

Berikut ini OS Android yang  tidak bisa lagi mengakses Google mulai 27 September 2021 mendatang:

– 1.0, 1.1, 1.5 Cupcake
– 1.6 Donut
– 2.0 Eclair
– 2.2 Froyo
– 2.3 Gingerbread

Bukan hanya tak bisa mengakses akun Google, sejak tanggal yang telah ditetapkan, pengguna OS lawas tersebut juga tidak bisa membuka YouTube, Drive, Maps, Google Play Store, dan layanan Google lainnya.

Google mengambil kebijakan menghentikan akses Gmail bagi pengguna sistem operasi Android lawas dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna.

Menurut laman dukungan Google, pengguna ponsel Android versi lama akan menerima pemberitahuan “username or password error'” saat mencoba melakukan beberapa hal pada ponselnya.

Beberapa hal tersebut antara lain, menambahkan atau membuat akun Google, melakukan factory reset dan mencoba sign in ke akun Google, atau ketika mencoba mengubah password akun Google.

Meski begitu, menurut Google, pengguna Android versi lama masih bisa menggunakan beberapa layanan Google seperti Search, Drive, dan Gmail melalui borwser web bawaan, atau browser web lain.

Sebagaimana diberitakan kompas.com pada Senin (2/8/2021), kebijakan ini mungkin hanya akan berpengaruh kepada sebagian kecil pengguna Google.

Android versi 2.3.7 Gingerbread pertama kali dirilis pada 2010. Sedangkan Google telah merilis versi beta dari Android 12 pada tahun 2021.(sumber: kompas)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles