25.2 C
Kendari
Wednesday, December 6, 2023
spot_img

Nama Jalan dan Penomoran Rumah Semrawut, DPRD Kolaka Usulkan Perda untuk Penertiban

SIBERKITA.COM, KOLAKA–DPRD Kabupaten menilai perlunya penyesuaian nama jalan dan penomoran rumah atau bangunan di wilayah Kabupaten Kolaka.

Penyesuaian nama jalan, dan nomor rumah atau bangunan tersebut dipandang penting untuk identifikasi serta ketertiban agar memberi manfaat kepada masyarakat.

Karena pentingnya ketertiban nama jalan dan nomor bangunan, DPRD Kolaka kemudian membuat rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait hal itu untuk dibahas bersama Pemda.

Ditemui usai rapat paripurna DPRD, Selasa (31/8/2021) Anggota DPRD Kolaka dari Fraksi Gerindra, Musdalim Zakir menyatakan, langkah penyesuaian nomor bangunan dan nama jalan cukup urgen.

“Kita menilai bahwa selama ini belum ada ketertiban dalam hal penamaan atau penomoran bangunan. Kelihatannya sepele tapi itu bisa menyusahkan nantinya,” kata Musdalim.

Dicontohkan Musdalim, ketidakteraturan nomor rumah atau bangunan acap kali menyulitkan petugas pos/kurir atau sesama warga Kolaka yang hendak mencari alamat.

Demikian pula, penamaan jalan atau lorong yang selama ini terkesan bebas; tanpa maksud dan tujuan jelas di balik pemberian nama itu oleh warga.

“Ada lorong janda, iklim atau nama lain, pokoknya macam-macam lah. Ini tidak elok dan tidak memberi kesan apa-apa. Intinya tidak bagus,” ujarnya.

Untuk diketahui, Raperda penyesuaian nama jalan dan penomoran rumah/bangunan adalah salah satu dari 3 rancangan Perda usul inisiatif DPRD yang telah diserahkan dalam rapat paripurna bersama eksekutif.

Dua rancangan Perda yang diusulkan oleh DPRD Kolaka lainnya yakni Raperda tentang bantuan hukum, dan Raperda tentang perlindungan anak terlantar.

Selain penyerahan tiga Raperda, rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Syaifullah Halik kali ini juga mengagendakan rancangan perubahan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD 2021 yang diserahkan oleh Sekda Poitu Murtopo yang hadir mewakili bupati.(eat)

 

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest Articles