30 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

Berjasa Majukan Literasi dan Minat Baca, Gubernur Sultra Dianugerahi Nugra Jasadarma Pustaloka

SIBERKITA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dianugerahi penghargaan “Nugra Jasadarma Pustaloka”.

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi tertinggi yang diberikan Perpustakaan Nasional RI kepada mereka yang dinilai memberi kontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan, literasi dan minat baca di daerahnya.

Terkait penghargaan tersebut, Ali Mazi menjelaskan bahwa ia menerima Nugra Jasadarma Pustaloka karena Pemprov Sultra dinilai berkontribusi besar mendorong minat baca dengan mendirikan perpustakaan berkonsep “Modern Regional Library Sultra”.

“Perpustakaan itu dibangun di pusat kota untuk memudahkan akses masyarakat. Dilengkapi dengan jaringan internet on spot untuk memudahkan pengunjung mencari literatur online sebagai pelengkap literatur offline yang telah ada. Perpustakaan ini sekaligus ruang pamer bagi sekian banyak koleksi budaya dan kesenian yang ada di provinsi Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

“Perpustakaan tersebut harus adaptif menyerap aplikasi teknologi yang digunakan masyarakat untuk belajar. Riset dan informasi diupdate agar fleksibel dengan unsur kekinian. Perpustakaan berkonsep modern memungkinkan untuk mengolaborasi data, informasi dan pengetahuan secara silang global. Perpustakaan akan lebih efektif dengan menyediakan sumber literasinya, secara online dan menyediakan fasilitas virtual meeting,” tambahnya.

Lebih jauh Ali Mazi menjelaskan, perpustakaan berkonsep modern regional library menjadi pilar literasi bangsa untuk masa depan.

Itu menyadur manajemen perpustakaan modern seperti yang ada di Uni Emirat Arab, perpustakaan universitas Melbourne Australia dan Perpustakaan Universitas Victoria di Selandia Baru.

Ketiga perpustakaan tersebut telah mengintegrasikan sistem informasi dan riset

“Dengan perpustakaan modern regional library Sultra pemerintah Sulawesi Tenggara, diharapkan dapat meningkatkan budaya membaca masyarakat, ruang terbuka, serta menjadi ruang wisata literasi bagi masyarakat.” ujarnya. (ida)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles