23.9 C
Kendari
Sunday, July 21, 2024
spot_img

Pimpin Apel Siaga Penanganan Covid, Wagub Sultra Puji Partisipasi Vaksin di Kolaka

SIBERKITA.COM, KOLAKA— Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas memimpin apel siaga penanganan Covid-19 yang dipusatkan di Alun-alun 19 November Kolaka, Kamis (16/9/2021).

Apel siaga yang turut dihadiri Bupati Ahmad Safei, Wakil Bupati Muhammad Jayadin, Forkopimda Kolaka, pimpinan SKPD dan anggota Gustas Covid-19 tersebut dibarengi kegiatan vaksinasi massal yang diikuti ratusan warga.

Dalam sambutannya Wagub Lukman Abunawas mengungkapkan, saat ini kabupaten Kolaka berada pada urutan 5 jumlah kepesertaan vaksin dari 17 kabupaten/kota di Sultra.

Berdasarkan data kata Lukman, capaian partisipasi vaksin di Sultra mencapai 71,5 persen.

“Adapun kabupaten Kolaka masuk urutan kelima capaian pemberian vaksin. Ini suatu capaian yang sangat baik,” katanya.

Dikatakan Lukman, sejak pemerintah mulai melancarkan “perang” melawan Covid-19, Pempriv Sultra bersama jajaran Pemda kabupaten/kota aktif melakukan penanganan.

Penanganan dimulai dari edukasi protokol kesehatan, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), hingga pelaksanaan vaksinasi massal.

Hingga kini lanjut Lukman, masih dibutuhkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat bahwa Covid perlu diwaspadai.

“Masih banyak masyarakat yang belum memahami bahaya Covid. Karena itu jajaran satgas hendaknya selalu memberikan edukasi dan membina masyarakat untuk wajib Prokes,” tegasnya.

Diungkapkan Wagub, berdasarkan hasil evaluasi nasional, Provinsi Sultra masuk level 3, dimana 13 kabupaten masuk level 3. Ini berarti penanganan Covid berlangsung dengan baik.

Meskipun masuk level 3, Wagub berharap kegiatan seperti pesta dan kegiatan yang menimbulkan keramaian tetap dibatasi dan diwaspadai.

Wagub juga menghimbau masyarakat Sultra untuk tidak ragu melakukan vaksin, dan penting untuk tidak mendengar berita bohong yang mengatakan vaksin berbahaya, karena persoalan kematian merupakan urusan Allah.

Usai apel siaga, Wagub bersama bupati dan wakil bupati Kolaka meninjau progres penyelesaian Rumah Sakit SMS-BERJAYA dan komplek SIKIM tempat karantina penderita covid di kelurahan Tahoa, kecamatan Kolaka.

Setelah itu, Wagub Lukman Abunawas memimpin langsung rapat terbatas evaluasi progres penanganan Covid-19 di Aula Mitra Polres Kolaka.

Rapat tersebut dihadiri pula oleh bupati, wakil bupati, Forkopimda, dan tim Gustas Penanganan Covid-19 kabupaten Kolaka.

Secara terpisah, Juru Bicara Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Kabupaten Kolaka dr Muh. Azis Amin mengatakan, data yang ada, saat ini warga Kabupaten Kolaka yang telah melakukan vaksin sebanyak 74.382 orang atau 41,2 persen dari total sasaran sebanyak 180.663 penerima.

“Insya Allah target 70 persen masyarakat sudah vaksinasi pada bulan Desember 2021 akan tercapai sebab saat ini masih terus berjalan vaksinasi. Seperti hari ini kita target 1000 orang yang ikut vaksin,” ungkap Azis Amin.

Sementara itu, informasi yang diperoleh dari panitia vaksinasi massal di Alun-alun 19 November Kolaka, jumlah warga peserta vaksinasi pada hari itu mencapai lebih dari 400 orang.

Kegiatan vaksinasi yang digelar bersamaan Kodim 1412 Kolaka dan Polres Kolaka itu melibatkan vaksinator dan tenaga kesehatan pendukung dari Puskesmas Kolaka.

Sedikitnya 300 vial atau 500-an dosis vaksin dihabiskan dalam pelaksanaan vaksin massal tersebut. (eat)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles