25 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

ANTAM Inisiasi Program Pendampingan Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM Kolaka

SIBERKITA.COM, KOLAKA – PT Aneka Tambang (ANTAM) Unit Binsis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawsi Tenggara (Sultra) bekerjasama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menginisiasi Program Pendampingan Kewirausahaan untuk mendorong peningkatan kapablitas dan portofolio pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka.

Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung UKM Center PT ANTAM Tbk UBPN Sultra di kelurahan Dawi-Dawi, kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka. Dan akan berlangsung selama dua hari, yakni Senin (25/10/2021) hingga Selasa (26/10/2021).

Kepala Cabang PT PNM (PERSERO) Kendari, Salim mengatakan bahwa program pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan wirausaha para pelaku UMKM sekaligus mitra binaan ANTAM UPBN Sultra untuk naik kelas, bukan hanya sekedar menjadi nasabah ANTAM, namun diharapkan mereka dapat mengakses permodalan melalui perbankan dengan platform pembiayaan yang lebih besar lagi.

Sebelumnya, ANTAM telah bekerjasama dengan PT PNM (PERSERO) dalam hal penyaluran dana Program Kemitaraan (PK) milik PT ANTAM Tbk UBPN Sultra kepada mitra bianaan yang ada di Sultra.

Program pendampingan ini merupakan instrumen lanjutan bagi para mitra binaan ANTAM dalam meningkatkan kapasitasnya untuk dapat mengelola dana pinjaman yang telah didapatkan melalui Program Kemitaraan ANTAM UBPN Sultra. Dengan demikian, para mitra binaan akan memiliki visi yang baik dalam meningkatkan usahanya.

Salim menjelaskan, selain di Pomalaa, Program Pendampingan Kewirausahaan ini juga dilaksanakan di tiga wilayah lainnya yang memiliki mitra binaan ANTAM, diantaranya adalah di Jakarta dan Pongkor.

Sementara itu, CSR, HC & Finance Division Head PT ANTAM Tbk UBPN Sultra, Dito Yulianto mengatakan bahwa program ini merupakan sinergi BUMN, dimana ANTAM dan PT PNM sendiri merupakan dua perusahaan yang berada di bawah naungan Kementrian BUMN.
“Kerjasama ini bersifat nasional, khusus untuk pendampingan kewirusahaan bagi mitra binaan ANTAM,” kata Dito Yulianto dalam sambutannya pada pembuakaan kegiatan Program Pendampingan Kewirausahaan tersebut.

Menurutnya, program ini merupakan gagasan ANTAM dalam medorong pemulihan dan membangkitkan sektor UMKM Indonesia di masa pandemi Covid-19.

Program ini akan memberikan pelatihan bagi mitra bianaan dalam rangka meningkatkan kemampuan kewirausahaan pelaku UMKM yang sebagian besar merupakan Mitra Binaan ANTAM melalui serangkaian pelatihan capacity building. Pelatihan diselenggarakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Program pelatihan dan pendampingan ini dikemas sedemikian rupa agar pelaku UMKM tidak hanya memahami teori berwirausaha, juga dapat mempraktekkan secara langsung ilmu baru yang dapat diterapkan pada usaha mereka agar produktivitas meningkat, terutama di era digitalisasi dan pandemi Covid-19.

Selain memberikan pelatihan dan pendampingan di bidang kewirausahaan yang mencakup berbagai modul yang beragam, mulai dari penumbuhan motivasi berwirausaha, pemasaran online, hingga manajemen keuangan, ANTAM dan PNM juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk berkonsultasi dan diskusi terkait usaha melalui media Whatsapp dan Zoom.

“Jadi selain diberikan pelatihan, para mitra binaan nantinya akan mendapatkan pendampingan dan monitoring dari pihak PT PNM. Intinya, para mitra binaan memiliki tempat dan teman untuk berdiskusi terkait kendala-kendala usahanya,” ungkat Dito Yulianto.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh CSR Bureau Head PT ANTAM Tbk UBPN Sultra, Maemanah dan Anggoro Dwi Saputro selaku Community Developmet Departement Head serta para mitra binaan ANTAM yang ada di kabupaten Kolaka.

Program pelatihan dan pendampingan kewirausahaan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial (CSR) ANTAM yang akan terus berlanjut dan dilaksanakan di wilayah lain, seperti di DKI Jakarta, Bogor, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tenggara. (AS)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles