24.2 C
Kendari
Thursday, April 18, 2024
spot_img

Untuk Kecukupan Bahan Bakar Gas di Sultra, Pertamina Bangun Terminal LPG di Kolaka

SIBERKITA.COM, KOLAKA– Untuk meningkatkan ketersediaan Elpiji di wilayah provinsi Sulawesi Tenggara, PT Elnusa Petrofin (EPN), anak usaha PT Elnusa Tbk membangun Terminal Liquefied Petroleum Gas (TLPG) Pertamina di Kabupaten Kolaka.

Dimulainya proyek pembangunan depot LPG tersebut ditandai seremoni peletakan batu pertama atau groundbreaking di kecamatan Latambaga, kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara pada Jumat (26/11/2021).

Lokasi proyek terminal LPG tersebut berada tepat di sebelah Tenggara Fuel Terminal Pertamina Kolaka di kelurahan Kolakaasi.

Groundbreaking yang dihadiri jajaran direksi EPN dan bupati Kolaka

Groundbreaking yang dilakukan oleh EPN merupakan bagian dari upaya untuk mendukung Pertamina (Persero) dalam menjaga cadangan LPG, dan juga sesuai keputusan Menteri ESDM 2157 K/lO/MEM/2017 mengenai pembangunan sarana dan infrastuktur penyimpanan Elpiji.

Seremoni turut dihadiri Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin, jajaran Direksi Elnusa Petrofin di antaranya VP Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga Isnanto Isnanto Suseno, Executive GM Marketing Operation Region VII (Sulawesi) Pertamina Agus Dwi Djatmoko, serta Bupati Kolaka Ahmad Safei dan jajaran Forkominda setempat.

Kedepan, terminal LPG Kolaka nantinya akan diintegrasikan dengan Fuel Terminal Kolaka dengan luas lahan kurang lebih 9.589 m2 untuk lokasi sarana fasilitas TLPG dan luas area 2.718 m2 sebagai area pembangunan sarana fasilitas Terminal LPG.

Nantinya total luasan areal pembangunan Terminal LPG kolaka 12.000 m2.

Pembangunan Terminal LPG Kolaka ini mencakup Tangki Bola (Spherical Tank) kapasitas 2 x 1.500 MT dengan kelengkapan sarana fasilitas Pompa LPG, Loading Bay ke Skid tank LPG, dan sarana pendukung operasional yang mumpuni dengan estimasi penyelesaian pembangunan selama 24 Bulan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian CSR secara simbolis kepada Yayasan Pendidikan Islam Nursyamzam sebagai wujud Elnusa Petrofin terhadap pendidikan di wilayah tersebut.

Haris Syahrudin selaku Direktur Utama PT Elnusa Petrofin dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan keberadaan Terminal LPG ini mampu mendukung pemenuhan kebutuhan LPG khususnya di Sulawesi Tenggara dan mendorong akselerasi perekonomian daerah setempat.

Sedangkan VP Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga Iswanto Suseno menyatakan bahwa groundbreaking kali ini merupakan komitmen wujud kedaulatan energi Pertamina Grup bagi masyarakat dan negara.

Karena itu jajaran direksi EPN mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap pembangunan TLPG Kolaka.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Kolaka Ahmad Safei menyatakan harapannya kehadiran TLPG akan memberi dampak multiplayer efect positif.

”Dengan adanya pembangunan terminal LPG oleh Pertamina dan Elnusa Petrofin ini saya berharap nantinya pemenuhan kebutuhan LPG semakin baik dan mampu menciptakan peluang-peluang baru dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, EPN adalah anak perusahaan PT Elnusa Tbk. PT Elnusa Tbk sendiri merupakan anak PT. Pertamina Hulu Energi, Sub Holding Upstream PT Pertamina (Persero).

PT Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM, terutama Jasa Transportasi BBM, Energy Storage Management (Fuel, Gass, Aviation), Industry and Marine Fuel, Lubricant dan Chemical Integrated Service.

Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru nusantara.(eat)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles