25 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

Hingga Triwulan IV 2021, Realisasi PAD Kolaka Baru 65,30 Persen

SIBERKITA.COM, KOLAKA— Hingga bulan pertama triwulan keempat tahun 2021, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Kolaka mencapai Rp 94 miliar lebih, atau 65,30 persen dari target APBD 2021 sebesar Rp 144 miliar.

Realisasi PAD tersebut mencakup pajak daerah Rp 32,5 miliar, Retribusi Rp 5,8 miliar, pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan Rp 17,1 miliar, dan pendapatan sah lainnya Rp 38,4 miliar.

Realisasi tersebut terungkap dalam rapat evaluasi PAD dan tindak lanjut hasil evaluasi BPK RI yang dipimpin langsung Bupati Kolaka Ahmad Safei di Aula Kantor Inspektorat Kolaka, Kamis (11/11/2021).

Sumber: Bapenda Kolaka

Pada rapat terbatas yang dihadiri Sekda, kepala SKPD, para asisten dan pejabat eselon III dan IV itu disepakati beberapa langkah terkait ekstensifikasi maupun intensifikasi guna menyiasati potensi PAD dalam sisa 2 bulan terakhir 2021.

Ditemui usai rapat evaluasi, Sekda Kolaka Poitu Murtopo memastikan langkah ekstensifikasi dan intensifikasi akan lebih digalakkan.

“Ada beberapa langkah terutama terkait pendapatan pajak daerah. Kita akan lakukan upaya persuasif untuk menarik potensi pajak yang menjadi piutang kita. Itu hal teknis berupa metode atau strategi. Misalnya bagaimana kita melakukan penagihan pada beberapa perusahaan tambang,” ungkap Poitu.

Potensi pendapatan yang masih akan diupayakan penagihannya tambah Poitu, termasuk kontribusi dan kewajiban perusahaan seperti CSR.

“Perusahaan-perusahaan itu, misalnya perusahaan tambang kan menggali hasil alam kita, disitu ada hak daerah yang menjadi sumber pendapatan sah kita,” pungkasnya.(eat)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles