30 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

ANTAM Serahkan Bantuan Lampu Penerangan Jalan Umum di Pomalaa ke Pemda Kolaka

SIBERKITA.COM, KOLAKA – PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) secara resmi menyerahkan bantuan pemanfaatan lampu penerangan jalan umum di kecamatan Pomalaa kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka.

Bantuan tersebut diserahkan oleh General Manager PT ANTAM Tbk UBPN Sultra, Nilus Rahmat yang diwakili oleh CSR, HC and Finance Division Head, Dito Yulianto kepada Bupati Kolaka, Ahmad Safei yang disaksikan oleh unsur DPRD Kolaka dan masyarakat kecamatan Pomalaa.

Penyerahan bantuan lampu penerangan jalan ini dilakukan bersamaan dengan proses switch on yang digelar di kelurahan Dawi-dawi, kecamatan Pomalaa, Senin (27/12/2021).

CSR Bereau Head PT ANTAM Tbk UBPN Sultra, Maemanah mengatakan sebagai perusahaan tambang, ANTAM menyadari memiliki dampak langsung terhadap masyarakat di sekitarnya. Olehnya itu, ANTAM selalu peduli terhadap pembangunan masyarakat di sekitarnya.

Maemanah menjelaskan, salah satu program CSR ANTAM UBPN Sultra adalah mendukung peningkatan ekonomi masyarakat serta penataan kawasan perumahan, prasarana pemukiman dan perhubungan, khususnya di kecamatan Pomalaa.

“Salah satu sasarannya adalah membantu penyiapan lampu penerangan jalan umum yang ada di kecamatan Pomalaa, dengan membangun 55 titik lampu jalan yang tersebar di 3 segmen. Segmen pertama di Jalan Pateda – Pelabuhan PELNI 14 titik, segmen kedua di jalan Cakalang sebanyak 12 titik. Dan segmen ketiga di Jalan Bypass Pomalaa – Kolaka.

Dia berharap, program ini dapat memberikan dampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat kecamatan Pomalaa.

Salah satu tokoh masyarakat kelurahan Dawi-dawi, Arifin mengungkapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Kolaka yang telah berupaya membangun kecamatan Pomalaa sebagai kota kedua yang ada di Kolaka.

Dia berharap buah pembangunan ini bisa terus terpelihara agar bisa dirasakan juga oleh masyarakat generasi mendatang.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada ANTAM yang telah memberikan komitmennya untuk membangun kecamatan Pomalaa hingga sampai menjadi maju seperti saat ini.

Sementara itu, CSR, HC and Finance Division Head PT ANTAM Tbk UBPN Sultra Dito Yulianto mengatakan, bantuan penerangan jalan umum tersebut merupakan komitmen ANTAM untuk mendukung pembangunan daerah sesuai dengan visi master plan CSR ANTAM yakni Sinergi Berdaya dan Sinergi Harmoni.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, utamanya pemerintah daerah kabupaten Kolaka dan kecamatan Pomalaa yang terus memberikan dukungan positif terhadap kelancaran operasi ANTAM di Pomalaa.

Di tempat yang sama, Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengatakan bahwa pembangunan di kecamatan Pomalaa mendapat perhatian besar dari pemerintah karena terdapat areal industri yang menggerakkan ekonomi daerah ini.

“Di sini terdapat kawasan industri, yakni ANTAM yang juga sebagai objek vital nasional. Jadi harus kita dukung dan dijaga dengan baik,” kata Ahmad Safei usai pelaksanaan switch on lampu penerangan jalan umum di jalan Pateda, kelurahan Dawi-dawi.

Dia menilai, keberadaan ANTAM sebagai kawasan industri telah mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah ini. Itu ditandai dengan banyaknya usaha-usaha kecil yang mulai tumbuh di kecamatan Pomalaa.

Selain itu, Safei juga menyinggung pembangunan Puskesmas Pomalaa yang bersinergi dengan ANTAM hingga mendapatkan akreditasi paripurna dari Kementerian Kesehatan Indonesia.

” Ini prediket yang satu-satunya ada di Sultra,” ujar Safei.

Diketahui, selain membangun Puskesmas dan penyiapan jaringan lampu penerangan jalan umum, Pemda Kolaka dan ANTAM juga bersinergi membangun pasar Dawi-dawi, Bandar Udara Sangia Nibandera di Tanggetada dan Rumah Sakit Umum Daerah Kolaka di kelurahan Tahoa. (AS)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles