23.9 C
Kendari
Sunday, July 21, 2024
spot_img

Bupati Kolaka Lantik 58 Kades, Satu Diantaranya Mantan Ketua PWI

SIBERKITA.COM, KOLAKA– Bupati Kolaka Ahmad Safei melantik 57 kepala desa hasil pemilihan serentak yang digelar pada awal bulan Maret lalu, dan seorang Kades hasil pergantian antar waktu, Rabu (16/3/2022).

Seremoni pelantikan yang ditandai pengucapan sumpah/janji serta penandatanganan pakta integritas tersebut digelar di Pendopo Rujab Bupati Kolaka.

Hadir pada acara pelantikan tersebut, Wakil Bupati Kolaka, Sekda, Ketua Apdesi Sultra, Forkopimda, dan unsur pimpinan SKPD, pimpinan DPRD Kolaka.

Dalam sambutannya, Bupati Ahmad Safei beberapa kali menekankan pentingnya keteladanan dan integritas selama mengemban amanah masyarakat.

“Saudara-saudara adalah putra-putri terbaik di wilayah masing-masing. Dalam menjalankan tugas haruslah bersikap amanah, karena orang yang tidak amanah adalah keingkaran dari tanggung jawab,” tegas Safei, mengawali sambutannya.

“Amanah yang diemban, baik dari masyarakat maupun
dari pemerintah merupakan tugas mulia yang harus dilaksanakan berdasarkan ketentuan dan peraturan perundang-undangan,” tambahnya.

Lebih jauh bupati mengingatkan, seluruh jajaran pemerintahan desa, kelurahan, hingga kecamatan agar betul-betul menjadi pengayom dan panutan.

Secara khusus, ia juga menekankan beberapa hal pokok usai para Kades dilantik. Hal pokok itu utamanya terkait nepotisme dan korupsi dalam pemerintahan desa.

Terkait nepotisme, mantan kepala BPMD itu mengingatkan Kades yang baru saja ia lantik tidak mengangkat kerabat dekat untuk duduk dalam posisi penting seperti bendahara, sekdes atau perangkat desa lainnya.

Hal itu penting guna menghindari terjadinya penyalahgunaan kewenangan, yang bisa berujung pada kasus hukum seperti korupsi dan pelanggaran hukum lainnya.

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah, kemampuan seorang kepala desa merangkul semua warga, baik pendukungnya, maupun pihak lawan saat pelaksanaan pilkades lalu.

“Persaingan sudah berakhir, konsolidasi harus segera dilakukan agar semua program pembangunan desa bisa berjalan baik,” tegas bupati.

Dalam seremoni pelantikan Kades di Pendopo Rujab Bupati Kolaka kali ini, Kades Tikonu, kecamatan Wundulako Sabaruddin T Pauluh tampil untuk menandatangani serta membacakan pakta integritas kepala desa.

Untuk diketahui, Sabaruddin sebelumnya adalah mantan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kolaka periode 2022-2028.

Hingga saat pelaksanaan pemilihan, Sabaruddin tercatat sebagai pemimpin redaksi media online topiksultra.com.

Putra asli Tikonu itu merupakan alumni pertama Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di kabupaten Kolaka yang dilakukan oleh Dewan Pers Indonesia.

Dari hasil UKW itu, Sabaruddin berhasil mengantongi sertifikat Utama, suatu jenjang tertinggi dalam proses seleksi kompetensi kewartawanan di Indonesia.

Untuk di diketahui, pemilihan Kades pada tanggal 1 Maret lalu adalah tahap pertama suksesi kepemimpinan desa secara serentak di kabupaten Kolaka. Tahap pemilihan selanjutnya akan akan dilakukan di-47 desa lainnya, dari 100 desa yang ada di kabupaten Kolaka.(eat)

 

 

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles