25 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

Gedung Bekas Kantor Koperasi dan UKM Kolaka akan Dibongkar ?

SIBERKITA.COM, KOLAKA– Pemda Kolaka dikabarkan akan membongkar gedung bekas kantor dinas Koperasi dan UKM di jalan Pemuda, kelurahan Tahoa, Kecamatan Kolaka.

Rencana pembongkaran bangunan bekas kantor dinas pertambangan dan energi itu santer dibicarakan setelah bupati Kolaka menyetujui pembongkaran salah satu gedung di lokasi eks Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG).

“Iya memang kita dengar mau dibongkar, makanya (aktivitas) dinas koperasi dipindahkan dibekas rumah sakit,” ungkap sumber sekretariat Pemda Kolaka, Senin (7/3/2022).

Informasi yang dihimpun SIBERKITA.COM, posisi dan keamanan konstruksi gedung menjadi pertimbangan utama diusulkannya pembongkaran bangunan yang letaknya berhadapan dengan PLN Pembangkit itu.

Terkait rencana pembongkaran gedung kantor koperasi dan UKM, Kepala Bidang Aset BKAD Kolaka Muh. Ridwan saat dikonfirmasi mengaku belum mendapatkan informasi resmi.

“Iya ada juga kita dengar tapi sampai saat ini belum ada perintah resmi dari pak bupati atau pak Sekda,” ujar Ridwan melalui sambungan telepon, Selasa (8/3/2022).

Diakui Ridwan, sebelumnya bupati Kolaka telah mengeluarkan surat persetujuan penghapusan aset gedung milik Pemda. Namun itu hanya di lokasi belas RSBG yang nantinya akan dijadikan kantor bersama 7 SKPD.

“Ada satu gedung dibongkar. Pembongkaran dilakukan, salah satunya dengan pertimbangan mitigasi kalau ada bencana. Itu sudah melalui perencanaan teknis dari PU,” tambahnya.

Khusus gedung bekas kantor dinas koperasi dan UKM, Ridwan mengakui bahwa pemikiran untuk meninjau kembali keberadaan bangunan yang membelakangi gudang farmasi itu memang pernah ada.

Salah satu dasar pertimbangan adalah kondisi konstruksi yang sudah tidak aman lagi untuk bangunan dua lantai.

“Itu kan kalau tidak salah ada konstruksinya yang sampai masuk ke badan jalan. Kalau lewat truk besar bergetar itu bangunan. Terasa sekali kalau di lantai dua. Itu rawan,” ungkapnya.

“Tapi kalau sampai mau dibongkar kayaknya belum ada perintah. Bisa jadi malah digunakan untuk kantornya gudang farmasi. Gudang tetap di belakang. Kantornya di depan,” tambah Ridwan. (eat)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles