23.2 C
Kendari
Monday, May 20, 2024
spot_img

Tahapan Seleksi Direksi Perusda Kolaka Molor, LSM LIDER Curiga…

SIBERKITA.COM, KOLAKA– Seleksi calon direksi PD Aneka Usaha (Perusda) Kolaka yang tahapannya dimulai sejak pertengahan Februari 2022 lalu belum menghasilkan keputusan apapun.

Hingga pekan pertama April ini, panitia seleksi (Pansel) direksi Perusda yang diketuai Sekda masih menyisakan dua tahapan tes lainnya yakni pemaparan visi-misi dan wawancara bagi 9 peserta seleksi.

Belum jelasnya hasil seleksi calon direksi Perusda tersebut dinilai oleh Ketua LSM Lingkar Demokrasi (LIDER) Sultra Herman Syahruddin berpotensi menimbulkan ketidakpastian hukum jangka panjang yang berimbas pada investasi.

Secara rinci Herman menjelaskan, ketidakpastian tersebut secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada berbagai kebijakan manajemen, dan ujung-ujungnya akan merugikan perusahaan dan daerah sebagai pemilik.

“Sekarang ini kan tidak ada kejelasan terkait siapa yang sebenarnya menjadi penentu kebijakan dalam perusahaan. Mengingat sampai sekarang status dua direksi sebelumnya masih mengambang. Dikhawatirkan jika ini dibiarkan akan menimbulkan dampak hukum ke depan,” katanya.

Masih terkait dengan molornya jadwal seleksi, Herman mengaku curiga ada sesuatu yang tengah disiasati oleh pihak tertentu, dan mereka ikut” bermain” dalam penentuan calon direksi.

“Ini kan bisa menimbulkan kecurigaan, ada apa sampai bisa lama molornya. Beberapa tahapan tes sebelumnya bergeser, dan sekarang Pansel belum menghasilkan apa-apa. Wajar kita curiga,” tambahnya.

Terkait molornya jadwal seleksi, Sekretaris Pansel yang juga Kabag Hukum Setda Kolaka Hasimin menjelaskan bahwa tahapan seleksi terkendala kesibukan sebagian anggota Pansel.

“Ada beberapa yang menjadi penghambat. Salah satunya karena kesibukan anggota Pansel karena tugas-tugas utama mereka. Misalnya jadwal bertabrakan dengan Musrenbang atau kegiatan Pemda lainnya,” terang Hasimin melalui sambungan telepon, Kamis (7/4/2022).

Menyadari jadwal seleksi yang molor cukup jauh, Hasimin memastikan pelaksanaan tahapan selanjutnya akan digelar dalam waktu dekat.

“Sekarang ini kita sedang menyusun jadwalnya. Lagi bahas bersama Pansel dengan sekretariat,” ujarnya.(eat)

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles