25 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

Ketua Umum PMTI Konsolidasi dengan Pengurus Tongkonan Sang Torayan Kolaka

SIBERKITA.COM, KOLAKA–Ketua Umum Pusat Perhimpun Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Mayor Jenderal TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa berkunjung di kabupaten Kolaka, Kamis (2/6/2022).

Kedatangan Yulius Selvanus di kabupaten Kolaka merupakan bagian dari perjalanan konsolidasi kepengurusan PMTI di berbagai daerah di Indonesia.

Kunjungan konsolidasi Yulius Selvanus disambut oleh Ketua Umum Tongkonan Sang Torayan (TST) Kabupaten Kolaka Harun Masirri, Wakil Ketua Umum Salmon Tibe, Penasehat TST H. Nur Syamsul, dan pengurus lainnya.

Rapat konsolidasi kepengurusan PMTI dengan pengurus TST kabupaten Kolaka digelar di kediaman salah satu tokoh masyarakat Toraja Aris Parubak.

Pertemuan pengurus PMTI pusat dengan pengurus dan anggota TST kabupaten Kolaka berlangsung dalam suasana santai.

Dalam rapat dengan seluruh pengurus TST itu Yulius berkali-kali mengingatkan pentingnya memahami tujuan berorganisasi.

“Organisasi kita bukan hanya sebagai tempat kumpul-kumpul, harus ada tujuan jelas di antaranya mengenal potensi atau talenta yang dimiliki masyarakat Toraja untuk dimanfaatkan dalam pembangunan daerah,” katanya.

“Tapi untuk bisa mengenal potensi dan ikut berkontribusi, dibutuhkan persatuan. Tanpa persatuan dan saling memahami maka tidak ada tujuan baik yang bisa dicapai,” tambahnya.

Dikatakan Yulius, orang Toraja tersebar diberbagai penjuru dunia dengan berbagai latar belakang pendidikan dan profesi.

Untuk mewadahi masyarakat Indonesia keturunan Toraja di luar negeri, maka kepengurusan PMTI mulai dibentuk di berbagai negara seperti Jerman, Belanda, dan Perancis.

“Kepengurusan PMTI di luar negeri itu akan kita lantik dalam waktu dekat. Sekali lagi kehadiran organisasi seperti PMTI bukan tanpa tujuan. Kita harus saling mengenal, saling membantu, dan saling menopang satu sama lain untuk tujuan bersama,” ujar pria yang juga staf khusus menteri pertahanan RI itu.

Sementara itu, Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin yang turut hadir pada pertemuan tersebut menyatakan harapannya agar masyarakat Toraja di kabupaten Kolaka senantiasa bersatu dan terus memberi kontribusi positif pada pembangunan daerah.

“Sejak kecil sampai sekarang saya ini selalu berinteraksi dengan masyarakat Toraja. Itu karena memang lingkungan tempat tinggal saya banyak orang Toraja. Jadi tidak salah kalau dikatakan saya ini sudah menjadi bagian dari komunitas Toraja,” ujarnya.

Karena merasa menjadi bagian dari komunitas Toraja, Jayadin pun terpanggil untuk ikut membesarkan organisasi yang mewadahi semua orang Toraja di kabupaten Kolaka.

“Sebagai pemerintah saya pasti menginginkan semua orang Toraja bersatu. Demikian pula sebagai pribadi, saya yang sudah merasa menjadi bagian dari masyarakat Toraja selalu berharap demikian,” tambahnya.

Untuk diketahui, selain di kabupaten Kolaka, Yulius Selvanus yang didampingi Benyamin Palanda (bidang pertambangan) dan Joni Arung (bidang peternakan) juga berkunjung ke kabupaten Kolaka Utara untuk tujuan yang sama

Dalam pertemuan dengan pengurus Tongkonan Sang Torayan  kali ini dicapai kesepakatan bahwa TST Kabupaten Kolaka telah  menjadi bagian dari PMTI.

Dan karena telah menjadi bagian dari PMTI, Yulius Selvanus berjanji untuk hadir pada pelantikan kepengurusan TST Kabupaten Kolaka periode 2022-2027 oleh pengurus PMTI Provinsi Sultra yang rencananya digelar pada bulan Juli mendatang.(eat)

 

 

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles