24.2 C
Kendari
Thursday, April 18, 2024
spot_img

Masuk Daftar Penilaian Adipura, Kolaka Mulai Berbenah

SIBERKITA.COM, KOLAKA—Kota Kolaka ditetapkan sebagai salah satu daerah di provinsi Sulawesi Tenggara yang masuk dalam daftar peserta penilaian Adipura tahun 2022.

Penunjukkan Kabupaten Kolaka sebagai calon nominator peraih Adipura itu ditetapkan oleh kementerian lingkungan hidup RI.

Selain kabupaten Kolaka, setidakya ada 3 daerah lain di provinsi Sulawesi Tenggara yang juga ditetapkan sebagai peserta, untuk mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang pengelolaan lingkungan perkotaan, kebersihan, keasrian wilayah itu.

Ketiga daerah tersebut yakni kabupaten Konawe, Kolaka Utara, dan Kota Kendari. Selain tiga daerah tersebut, Kota Baubau dan dua daerah lainnya juga dikabarkan masuk dalam daftar calon nominator Adipura tahun 2022.

Untuk mempersiapkan keikutsertaan kabupaten Kolaka dalam daftar calon nominator peraih Adipura tersebut, Pemda kabupaten Kolaka mulai melakukan berbagai persiapan, di antaranya  pengaktifan kembali aktivitas pembersihan lingkungan, pembenahan fasilitas umum seperti rumah sakit, sarana pendidikan, TPA, TP3R di kawasan pasar, penatan taman, hingga pembenahan drainase.

Dalam beberapa kesempatan, Bupati Kolaka Ahmad Safei bahkan terlibat langsung melakukan pembenahan prasarana perkotaan, termasuk kegiatan pembersihan sedimentasi drainase di beberapa titik rawan genangan, seperti di Jalan Pahlawan di kelurahan Watuliandu, dan lokasi lainnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kabupaten Kolaka Abdi Arif yang ditemui saat melakukan pengawasan kegiatan pembersihan dan penanganan lingkungan menjelaskan, Pemda Kolaka hanya mempersiapkan segala hal yang terkait dengan kriteria penilaian.

Menurut Abdi, piala Adipura  merupakan momentum bagi masyarakat Kolaka untuk menujukkan jati diri sebagai masyarakat modern yang berpendidikan, dengan cara menampilkan lingkungan bersih dan manusiawi.

Karena itu dia berharap seluruh masyarakat Kolaka ikut berpartisipasi mendukung upaya pemerintah daerah dalam mempersiapkan diri sebagai calon nominator peraih adipura.

“Sudah beberapa hari ini kita, bersama dengan seluruh SKPD turun melakukan pembenahan. Tidak ada putus-putusnya, tiap hari kita melakukan kegiatan. Pak bupati berharap bahwa seluruh masyarakat ikut andil dalam persiapan menghadapi penilaian adipura ini karena penilaian juga mencakup bagaimana penanganan sampah, termasuk sampah rumah tangga,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Kolaka merupakan salah satu daerah di provinsi Sulawesi Tenggara yang pernah mencatatkan diri sebagai peraih piala Adipura sebanyak 7 kali berturut-turut.(eat)

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles