25 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

PPM PT CNI, Warga Wolo Dilatih Operasikan Alat Barat dan Dump Truk

Laporan: Abdul Saban

 

SIBERKITA.COM, KOLAKA – PT. Ceria Nugraha Indotama (CNI) memberikan pelatihan operator alat berat dan dump truk kepada warga kecamatan Wolo, kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan yang dilaksanakan bersama Karang Taruna kecamatan Wolo ini bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) kabupaten Kolaka melalui dana Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT. CNI.

Ketua Karang Taruna kecamatan Wolo, Sandi Eka Putra mengatakan, pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga bulan kedepan, dimulai sejak hari Kamis (29/9/2022).

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak pemerintah kecamatan Wolo dan PT. Ceria Nugraha Indotama yang mensupport kegiatan ini hingga bisa terlaksana,” ujar Sandi Eka Putra.

Kata dia, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemuda Wolo yang belum memiliki pekerjaan tetap. Harapannya, ilmu yang akan didapat dalam pelatihan ini menjadi bekal mereka di dunia kerja nanti.

Direktur Operasional PT Ceria Nugraha indotama, Yusram Rantesalu yang turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada camat Wolo dan ketua Karang Taruna atas terselenggaranya kegiatan pelatihan operator alat berat dan driver dump truck tersebut.

Dia juga berpesan pentingnya standar kesehatan dan keselamatan kerja dapat dipahami oleh calon tenaga kerja. Sehingga dalam pelatihan ini, para peserta juga akan diberikan materi tentang teknik dasar pertambangan dan safety.

“Di dalam dunia kerja pertambangan, kita mencari penghidupan bukan kematian. Maka dari itu, kita harus mengutamakan keselamatan,” terang Yusran Rantesalu.

Menurutnya, dunia pertambangan memiliki memiliki spesifikasi dan karakteristik tertentu. Jauh berbeda dengan pekerjaan di bidang pertanian. Untuk itu l, diperlukan pelatihan fisik dan mental yang baik agar tercipta jiwa dan semangat kerja profesional.

Sementara itu, Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam sambutannya di acara tersebut juga menyampaikan simpati luar biasa kepada PT Ceria Nugraha Indotama atas kontribusi dan sumbangsih dalam program pengembangan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di Kecamatan Wolo. Dia berharap agar pelatihan ini dapat dilakukan berkesinambungan.

Bupati juga berpesan kepada peserta untuk memanfaatkan pelatihan ini sebaik mungkin. Karena banyak orang yang ingin mengikuti kegiatan serupa, namun tidak memiliki akses dan peluang sebagaimana para peserta yang telah diikutsertakan dalam pelatihan ini.

“Ikuti SOP yang akan disampaikan dalam pelatihan nanti. Jernihkan hati, pikiran dan jiwa seperti yang disampaikan oleh pak Yusram Rantesalu tadi, bahwa keselamatan itu adalah hal yang paling utama,” ujar Safei.(*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles