25 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

306 Calon PPK di Kolaka Jalani Tes Berbasis CAT

SIBERKITA.COM, KOLAKA— Peserta seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 yang berjumlah 306, menjalani seleksi tertulis berbasis computer assisted test (CAT), Selasa (6/12/2022).

Ujian berbasis CAT tersebut dilaksanakan di aula Kantor BKPSDM Pemda Kolaka yang dibagi dalam lima sesi.

“Tesnya dibagi lima sesi, mudah-mudahan bisa selesai hari ini. Peserta dibagi per kecamatan ada yang dua kecamatan dalam satu sesi dan ada yang tiga kecamatan,” kata Ketua KPU Kabupaten Kolaka, Kamal Baddu.

Kamal menjelaskan, cakupan soal ujian di antaranya pengetahuan kepemiluan, dan wawasan kebangsaan.

“Setelah tes para peserta dapat langsung mengetahui skor nilai yang diperoleh. Nantinya hasil tes CAT akan diakumulasi dengan tes wawancara. Tes wawancara akan dilaksanakan tanggal 11 sampai 13 Desember 2022. Hasil tes CAT akan diranking untuk memperoleh 15 orang setiap kecamatan. Dari 15 peserta akan diseleksi lagi menjadi 5 orang,” urainya.

Lebih jauh dijelaskan Kamal, nantinya mereka yang dinyatakan lulus akan dilantik dan bertugas menjadi anggota PPK di 12 kecamatan yang ada pada Pemilu Januari 2023.

Sementara kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Kolaka Muliana mengatakan, pada sesi pertama ada 6 orang calon anggota PPK yang tidak hadir.

“Sesi pertama testulis digelar pukul 8.30-10.00 dan dari 69 peserta 6 orang tidak hadir,” tambahnya.

Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Muh.Nato Alhaq yang memantau jalannya CAT mengapresiasi KPU kabupaten Kolaka. Apresiasi tersebut dikarenakan tingginya animo pendaftar dalam seleksi calon anggota PPK di kabupaten Kolaka .

“Kita apresiasi karena Kolaka termasuk daerah dengan tingkat pendaftar yang tinggi animo masyarakatnya. Ini kita harapkan berbanding lurus dengan kualitas yang dihasilkan karena semakin besar pendaftarnya, maka semakin banyak pilihan untuk menentukan yang terbaik,” ujarnya saat melakukan pemantauan seleksi.

Pelaksanaan seleksi berbasis CAT merupakan kali pertama dalam seleksi calon PPK.

“Kalau melihat soal-soal ujian hari ini saya pikir ini memang mewakili karakter soal pengetahuan umum sampai pengetahuan teknis. Dan ini mewakili kemampuan rekan-rekan calon PPK yang kedepan akan menghadapi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada. Jadi kita harapkan bukan hanya kemampuan integritasnya tetapi kemampuan teknisnya juga dalam menyelenggarakan Pemilu,” tegasnya.

Secara umum Nato menyatakan tidak ada kendala dalam pelaksanaan seleksi berbasis CAT.(eat)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles