23.2 C
Kendari
Monday, May 20, 2024
spot_img

Sekda Pemprov Sultra Pimpin Upacara HUT Ke-63 Kabupaten Kolaka

SIBERKITA.COM, KOLAKA–Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sultra Asrun Lio memimpin jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kolaka Ke-63 tahun 2023.

Upacara yang menjadi puncak seluruh rangkaian peringatan HUT Kabupaten Kolaka tersebut digelar di Lapangan Konggoasa, Jalan Pemuda, kecamatan Kolaka, Selasa Selasa (28/2/2023).

Dalam sambutannya, Asrun Lio mewakili gubernur Sultra memuji pesatnya pembangunan ekonomi kabupaten Kolaka yang tertinggi di Sulawesi Tenggara.

Selain karena letak geografis wilayah yang strategis, kemajuan kabupaten Kolaka juga ditopang kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nya yang maju.

Upacara peringatan HUT ke-63 Kabupaten Kolaka kali ini turut dihadiri Bupati Kolaka Ahmad Safei, Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin, unsur Forkopimda, rektor USN Kolaka, dan ratusan undangan lainnya.

Upacara diawali defile puluhan kelompok peserta upacara, dari lingkup sekretariat Pemda Kolaka, pemerintah kecamatan, organisasi kemasyarakatan, aparat desa, hingga kelompok seni dan budaya lokal.

Setelah itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jusrin Jafar membacakan sejarah singkat berdirinya kabupaten Kolaka.

Pada upacara kali ini, puluhan personil TNI dari 2 matra, yakni TNI Angkatan Laut dan Angkatan Darat turut dilibatkan bersama puluhan personil Polri.

Puluhan pengusaha kuliner turut dilibatkan oleh Pemda Kolaka untuk memeriahkan peringatan HUT Kabupaten Kolaka tahun ini.

Mereka dikerahkan untuk menyiapkan aneka makanan tradisional dan pengangan gratis bagi masyarakat selama pelaksanaan upacara.

Untuk diketahui, hari jadi Kabupaten Kolaka sebenarnya diperingati setiap tanggal 29 Februari, sesuai tanggal pelantikan dan pengambilan sumpah Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kolaka oleh Gubernur Sulawesi Selatan – Tenggara Andi Pangeran Pettarani, pada tanggal 29 Februari 1960 di Gedung Nasional, Kolaka (sekarang kelurahan Latambaga).

Namun karena perhitungan penanggalan “29” hanya terjadi 1 kali dalam 4 tahun (tahun Kabisat) maka tahun ini puncak peringatan HUT Kabupaten Kolaka jatuh pada tanggal 28 Februari 2023.

Peringatan HUT ke-64 tahun 2024 baru dapat dilaksanakan pada tanggal 29 Februari 2028, 2032, 2036, dan seterusnya.(eat)

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles