25 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

Ali Mazi: Kita Ingin Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Digelar Tiap Tahun

Laporan: Abdul Saban

SIBERKITA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mendukung penuh komitmen Perpani Sultra untuk menjadikan piala gubernur kejuaraan panahan sebagai kalender tahunan di Sultra. Menurutnya, atlet cabang olahraga (cabor) panahan ini sangat potensial.

Hal itu disampaikan Ali Mazi saat menjalani sesi latihan bersama para atlet panahan asal Sultra di pelataran Rumah Jabatan Gubernur, Minggu (5/3/2023) kemarin.

Sesi latihan ini dilakukan untuk memotivasi para atlet dalam menghadapi kejuaraan panahan memperebutkan piala Gubernur Sultra dan Piala Bepeka Archery Indonesia (BAI), 9 -12 Maret 2023 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Ali Mazi menjajal olahraga panahan. Berbekal busur (bow) dan pelindung jari (finger tab), dia melesakkan panah (arrow) tepat mengenai bantalan sasaran (buttress).

Selain Gubernur Sultra juga Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Sekprov Sultra Asrun Lio dan Ketua Umum KONI Sultra Alvian Taufan Putra ikut dalam sesi latihan tersebut.

“Kita ingin kompetisi kejuaraan panahan piala gubernur selalu digelar setiap tahun. Ini kan salah satu langkah stategis untuk mencari dan merekrut atlet-atlet berbakat Sultra yang meraih prestasi dikancah nasional dan internasional,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi juga mendorong putra bungsunya, Alvito Martciano Darmawan untuk menekuni olahraga panahan. Bahkan sang gubernur mendampingi Alvito memanah, kemarin. Informasi yang dihimpun menyebutkan, dukungan gubernur itu akan direalisasikan dengan mengikutsertakan sang putra bungsu dalam klub panahan, Celebes.

Sementara itu, Ketua Perpani Sultra, Sarjono mengatakan pihaknya bertekad menjadikan kejuaraan panahan piala gubernur ini masuk dalam kalender tahunan. Langkah itu sangat strategis sebab panahan salah satu dari 14 cabang olahraga prioritas dalam DBON (Desain Besar Olahraga Nasional).

“Anggaran pembinaan 14 cabor dalam DBON termasuk cabor panahan ini berasal dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga,” ujar Sarjono.

Adapun 14 cabor DBON adalah panahan, bulutangkis, angkat besi, panjat tebing, menembak, wushu, dan karate. Selain itu, cabor taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung, senam artistik, dan pencak silat. “Perpani juga bertekad kejuaraan panahan ini menjadi piala Presiden nantinya,” tutur Sarjono.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra itu menambahkan Kejuaraaan Panahan Sultra piala gubernur sebagai salah satu ajang mengasah kemampuan para pemanah menghadapi prakualifikasi PON 2024.

“Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Sultra dan Piala BAI yang diikuti para pemanah berbakat Sultra dan nasional sebagai ajang strategis bagi para pemanah yang dipersiapkan menghadapi prakualifikasi PON,” kata Sarjono.

Kejuaraan Panahan Sultra 2023 mempertandingkan nomor Recurve putra/putri, Compound putra/putri, dan Compound Master Man 40 putra/putri. Selain itu, nomor Standar Nasional Umum putra/putri, Standar Nasional U-15 putra/putri, Standar Nasional U-12 putra/putri, Berbow putra/putri dan Horsebow putra/putri.

Beberapa atlet dari berbagai daerah siap berlaga dalam ajang itu. Bahkan, kontingen panahan Perpani Sulawesi Utara sudah menjejak Sultra. (*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles