24.2 C
Kendari
Thursday, April 18, 2024
spot_img

Disnakertrans Kolaka Apresiasi Inisiatif ANTAM Peringati Hari Buruh

Laporan: Abdul Saban

 

SIBERKITA.COM, KOLAKA – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kolaka mengapresiasi inisiatif ANTAM yang menggelar sejumlah kegiatan positif dalam peringatan Hari Buruh (May Day) tahun 2023.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Kolaka, Andi Panguriseng menyatakan, komitmen perusahaan tambang BUMN itu mesti menjadi contoh bagi semua perusahaan di daerah ini dalam memperingati Hari Buruh, dimana selama ini peringatannya diidentikkan dengan kegiatan unjuk rasa oleh buruh.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, karena menjelang peringatan May Day tahun ini, hanya ANTAM yang berinisiatif menggelar kegiatan peringatan tersebut. Patut kita memberikan support dan penghargaan yang luar biasa kepada serikat pekerja ANTAM serta manajemennya, karena kolaborasi keduanya memberikan warna baru bahwa peringatan Hari Buruh tidak selalu diwarnai dengan demonstrasi, tapi bisa juga dilakukan dengan menggelar kegiatan positif seperti ini,” ujar Andi Panguriseng dalam sambutannya di acara penanaman pohon di sepanjang Pantai Burung-burung, kelurahan Kolakasi, kecamatan Latambaga, Senin (2/5/2023).

Selain itu, dia juga menyampaikan penghargaan dan apresiasinya kepada ANTAM atas inisiatif perusahaan tersebut dalam memperingati Hari Buruh tahun ini. Pasalnya, kata dia, dari 810 perusahaan yang ada di daerah ini, hanya ANTAM yang memiliki komitmen nyata melaksanakan peringatan hari bersejarah bagi buruh di seluruh dunia tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Hari Buruh ANTAM UBPN Kolaka tahun 2023, Rony Suka memaparkan, selain penanaman pohon pelindung di sepanjang Pantai Burung-burung, pada peringatan Hari Butuh kali ini pihaknya juga menggelar sejumlah kegiatan bakti sosial, diantaranya adalah penyaluran bantuan alat tulis untuk siswa-siswi Sekolah Dasar di Kecamatan Pomalaa, menggelar seminar tentang Cipta Kerja serta kegiatan jalan santai untuk karyawan ANTAM UBPN Kolaka.

General Manager PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka, Nilus Rahmat menambahkan, meski peringatan Mau Day kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun pihaknya berupaya agar peringatannya dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Kata dia, Mau Day juga menjadi moment untuk membangun hubungan industrial bagi insan ANTAM, serta dapat memperkuat pengaplikasian tata nilai perusahaan oleh internal karyawan.

Nilus juga menyampaikan, penanaman pohon di sejumlah pinggir pantai Burung burug merupakan salah satu dari sekian banyak program ANTAM dalam melakukan penghijauan di ruang terbuka.

“Ini sangat berguna bagi lingkungan sekitar maupun masyarakat,” tutur Nilus.

Dia berharap, pohon yang sudah ditanam dapat bermanfaat. Baik untuk burung tempat berkembang maupun terhadap masyarakat sekitar.

Untuk diketahui, kegiatan penanaman pohon cemara di wilayah itu turut dihadiri sejumlah manajemen dari PT. Antam Tbk UBPN, pihak pemerintah daerah serta dari beberapa asosiasi buruh di Kolaka. (*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles