25 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

Lurah Pomalaa: Kontribusi CSR ANTAM Sudah Sangat Baik

Laporan: Abdul Saban

 

SIBERKITA.COM, KOLAKA – Kontribusi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT ANTAM UBPN Kolaka dinilai sudah optimal. Hal ini dikemukakan Kepala Lurah Pomalaa, Sudiar Bachsin kepada wartawan, Selasa (15/8/2023).

Menurut Sudiar, kontribusi CSR perusahaan tambang BUMN tersebut dapat dilihat dari besarnya komitmen mereka dalam mensupport kegiatan pengembangan kehidupan masyarakat di sekitarnya, baik melalui program pendampingan ekonomi maupun program pembangunan infrastruktur.

“Salah satu program pendampingan ekonomi yang dilakukan ANTAM di kelurahan Pomalaa, kecamatan Polamaa ini adalah pengelolaan sampah rumah tangga yang bekerja sama dengan Komunitas NAMPAH,” ujar Sudiar.

Menurutnya, meski baru berjalan satu bulan, namun program pengelolaan sampah berbasis digital ini telah berhasil mengubah mindset masyarakat tentang sampah, yang tadinya dinilai sebagai sumber kotoran dan penyakit menjadi barang yang dapat dijual sehingga menghasilkan uang.

Selain program tersebut, kontribusi CSR ANTAM juga diakui Sudiar telah direalisasikan melalui dukungan pembangunan infrastruktur kantor kelurahan Pomalaa melalui Program Musrempom (Musyawarah Rencana Pembangunan Pomalaa).

Sejak tahun 2017 hingga saat ini, program Musrempom ANTAM telah memberikan dukungan nyata terhadap pembangunan daerah di tingkat desa dan kelurahan yang ada di kecamatan Pomalaa.

“Alhamdulillah, dukungan program Musrempom tahun ini, kami mendapatkan bantuan pembangunan Aula Kelurahan Pomalaa,” jelasnya.

Selain Sudiar, besarnya kontribusi CSR ANTAM terhadap pembangunan daerah juga dikemukakan Rodiyanto, Kepala Lurah Kumoro, kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka.

Menurutnya, dukungan ANTAM terhadap pembangunan selama ini sudah berjalan dengan baik. “Kita memberikan apresiasi terhadap komitmen ANTAM dalam mendukung kelancaran program pembangunan daerah, utamanya melalui program Musrempom,” kata Rodiyanto.

Menurutnya, Musrempom merupakan program CSR yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena dapat membiayai program-program pemerintah desa dan kelurahan yang tidak dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kita merasa terbantu sekali dengan adanya program Musrempom ini. Karena banyak kegiatan pembangunan yang tidak dianggarkan dalam APBD, bisa kami lakukan lewat bantuan program ini,” jelasnya.

Rodiyanto menambahkan, selama ini, ANTAM juga turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan yang diselenggarakan oleh kelurahan Kumoro.

“ANTAM juga banyak mensupport kegiatan sosial yang digagas karang taruna, seperti pembersihan lingkungan, dukungan kegiatan olahraga dan kegiatan peringatan hari besar nasional serta hari besar keagamaan,” tandasnya. (*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles