24.2 C
Kendari
Thursday, April 18, 2024
spot_img

Ketiga Kalinya, ANTAM Bantu Lampu Penerangan Jalan Umum di Kolaka

Laporan: Abdul Saban

 

SIBERKITA.COM, KOLAKA – PT Aneka Tambang (ANTAM) Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Kolaka kembali menyalurkan bantuan pembangunan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), setelah sebelumnya perusahaan ini juga telah melakukan hal yang sama sejak tahun 2021 lalu.

Di tahun 2023, pembangunan LPJU ANTAM UBPN Kolaka difokuskan di sepanjang desa Towua, jalur jalan Bypas Kolaka – Pomalaa, dengan memasang 62 titik lampu penerangan jalan.

Head of CSR and Eksternal Relation PT ANTAM Tbk UPBN Kolaka, Ridho Anggoro menyampaikan, pembangunan LPJU tersebut dilakukan terprogram dengan dukungan anggaran multi years dari dana CSR ANTAM UBPN Kolaka.

Dimana sejak tahun 2021 hingga 2023, pihaknya telah memasang 172 titik LPJU, dengan rincian: tahun 2021 ANTAM telah berkontribusi terhadap pembangunan LPJU sebanyak 55 titik mulai dari Jalan Pelabuhan, Jalan Cakalang kelurahan Dawi-dawi, Kecamatan Pomalaa hingga jalur jalan Bypass menuju kota Kolaka.

Kemudian pada tahun 2022, program ini kembali dilanjutkan dengan membangun 55 titik LPJU sepanjang jalan Bypass di desa Totobo menuju desa Towua. Selanjutnya tahun 2023, ANTAM kembali melanjutkannya dengan membangun 62 titik LPJU di samping pasar Dawi-dawi dan jalur Bypass desa Towua.

“Program lampu jalan yang dilaksanakan ANTAM bersama Pemerintah Daerah kabupaten Kolaka ini telah menerangi areal perumahan dan pemukiman warga sepanjang sembilan (9) kilo meter. Program ini menghabiskan anggaran Rp8,5 Miliar yang bersumber dari dana CSR ANTAM,” ujar Ridho Anggoro dalam sambutanya di acara Switch On dan Serah Terima LPJU dari PT ANTAM Tbk UPBN Kolaka kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka, di desa Towua, kecamatan Wundulako, kabupaten Kolaka, Senin (2/10/2023).

Acara Switch on dan penyerahan LPJU tersebut dihadiri oleh Bupati Kolaka Ahmad Safei, Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Khalik serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kolaka.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kolaka Ahmad Safei menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada ANTAM. Kata dia, sudah banyak hal yang telah dikolaborasikan Pemda Kolaka dengan ANTAM, terlebih lagi beban ABPD Kabupaten Kolaka tidak dapat mengakomodir semua kebutuhan masyarakat.

“Setiap habis Musrembang, kebutuhan masyarakat bisa mencapai 3-5 Triliun Rupiah. Sementara ABPD Hanya mampu menanggung Rp700 Miliar hingga Rp800 Milyar. Jadi banyak kebutuhan masyarakat yang tidak bisa teranggarkan dalam APBD,” ujar Bupati Kolaka dua periode ini.

Dia berharap, fasilitas ini dijaga dengan baik, dimana setiap orang mesti peduli memelihara dan menjaganya.

Sementara itu, Alimuddin, pemilik Rumah Makan di Desa Towua, Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka merasa bersyukur atas selesainya pembangunan LPJU tersebut, karena selama ini jalur Bypass menjadi salah satu akses jalan yang tidak akan untuk dilewati pengendara, utamanya pada malam hari.

“Kondisinya gelap, pengendara tidak nyaman karena banyak begal,” ujar Alimuddin.

Dia berharap, dengan adanya penerangan LPJU yang dibangun ANTAM tersebut bisa meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat, karena hilir mudik kendaraan di jalur tersebut sudah bisa dilalui meski pada malam hari. (*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles