25 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

12 Tim Peneliti USN Kolaka Ikut Seminar Hasil KOSABANGSA 2023

Laporan: Abdul Saban

SIBERKITA.COM, KOLAKA – Sebanyak 12 tim peneliti Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengikuti seminar hasil Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat (KOSABANGSA) 2023 yang diselenggarakan oleh DRTPM Kemendikbudristek RI bekerjasama dengan Universitas Bosowa, Makassar – Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai tanggal 26 hingga 27 Februari 2024 itu diikuti 105 tim pelaksana KOSABANGSA tahun 2023 dari berbagai universitas di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.

Seminar tersebut terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yakni, presentasi hasil di depan dua reviewer nasional, dimana setiap tim pelaksana memaparkan hasil riset dan inovasi yang telah mereka lakukan. Sementara tahap kedua adalah pameran poster dan produk luaran Kosabangsa, di mana para peserta dapat lebih lanjut memamerkan hasil karya mereka kepada publik dan saling bertukar informasi terkait potensi wilayah masing-masing.

Seminar Hasil Kosabangsa sendiri merupakan tahapan penilaian ketercapaian hasil kegiatan dan luaran dari pelaksanaan, selain itu sebagai bentuk evaluasi pelaksanaan pada pelaporan akhir tahun yang bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan pelaksanaan program Kosabangsa sebagai wujud kontribusi langsung terhadap kemajuan suatu wilayah/desa mitra KOSABANGSA.

Perwakilan ketua Tim Pelaksana USN Kolaka I Gede Purwana menjelaskan, program KOSABANGSAmerupakan program pendanaan dari Ditjen Diktiristek melalui DRTPM yang bertujuan untuk menjembatani kolaborasi dalam pengembangan dan penerapan IPTEKS yang dihasilkan oleh perguruan tinggi untuk dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan masyarakat.

Secara khusus kata dia, program Kosabangsa memprioritaskan wilayah daerah tertinggal, serta wilayah prioritas kemiskinan ekstrem yang kemudian disebut wilayah prioritas KOSABANGSA.

‘’Pada pelaksanaan tahun 2023, ada empat tema bidang fokus utama KOSABANGSA yaitu ketahanan pangan, kemandirian kesehatan, energi baru terbarukan, dan kemandirian ekonomi,’’ kata Gede Purwana di Kolaka, Kamis (29/2/2024).

Menurutnya, program KOSABANGSA telah memberikan dampak positif pada pengembangan potensi desa dan masyarakat, serta menyumbang 30 poin untuk meningkatkan klasterisasi perguruan tinggi.

‘’USN Kolaka menjadi tim terbanyak dari seluruh universitas yang mendapat hibah bersaing KOSABANGSA di Tahun 2023. Capaian ini menjadi kontribusi nyata USN Kolaka untuk turut serta memajukan wilayah dan memberdayakan masyarakat, terutama yang ada di Kabupaten Kolaka,’’ jelasnya.

Menurut dia, masih banyak potensi wilayah di Kolaka yang dapat dikembangkan dan diangkat sehingga bernilai produktif untuk kemajuan masyarakat di berbagai aspek, baik pertanian, perikanan, perkebunan, pertambangan, bahkan aspek sosial dan budaya.(*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles