25 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

Gelar Halalbihalal, USN Kolaka Sosialisasikan Visi – Misi Kampus hingga Tahun 2040

Laporan: Abdul Saban

 

SIBERKITA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar Halalbihalal perayaan lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah yang dilaksanakan di Auditorium kampus, Selasa (17/4/2024).

Rangkaian kegiatan tersebut juga dilaksanakan sosialisasi tentang perubahan Visi dan Misi kampus hingga tahun 2040 mendatang, di dalamnya sudah termasuk pemaparan tujuan, strategi dan tata nilai perguruan tinggi USN Kolaka.

Rektor USN Kolaka, Nur Ikhsan menjelaskan bahwa visi kampus USN adalah menjadi perguruan tinggi unggul di kawasan ASEAN dalam bidang lingkungan pertambangan tahun 2040.

Untuk mencapai visi tersebut, kata Nur Ikhsan, sivitas akademi mesti mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas, berwawasan kebangsaan, unggul dan berkelanjutan di bidang lingkungan pertambangan berbasis kearifan lokal dan enterpreunership melalui pendidikan dan pengajaran yang bermutu.

Keputusan menjadikan kampus merah marun ini berfokus pada bidang pertambangan, karena secara geografis, USN Kolaka terletak pada wilayah strategis dengan potensi sektor pertambangan nikel dan kawan pesisir Teluk Bone, serta didukung oleh ketersediaan Sumber Daya Manusia muda yang handal dan potensial, dengan pengalaman level nasional maupun internasional.

Nur Ikhsan optimis, dengan tagline USN BISA, pihaknya dapat merealisasikan visi misi tersebut hingga membawa kampus ini menjadi unggul se kawasan ASEAN di tahun 2040 mendatang.

Dia menilai, saat ini produktivitas USN di bidang penelitian sudah sangat baik, namun belum didukung dengan tingkat penyelenggaraan Tri Dharma yang memadai.

“Dalam tigabtahun terakhir, USN berada di urutan 221 menjadi 201 untuk capaian produktivitasnya. Kita upayakan tahun depan sudah berasa di urutan 100-an,” ujar Nur Ikhsan.

Terlebih pagi, saat ini USN sendiri sudah ditingkatkan klasternya, dari level Perguruan Tinggi Negeri Binaan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Madya.

“Tingkat penelitian sudah bagus, tapi kurang di pengabdian (Tri Dharma). Apabila dari 80 kelompok mahasiswa yang melakukan KKN, 65 kelompok diantaranya mampu mempublikasikan hasil KKN tersebut, tentu kita akan dengan cepat bisa mencapai target visi tersebut,” katanya.

Dia berharap, dosen pembimbing sebagai mentor langsung mahasiswa bisa lebih aktif dalam melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengabdian. Hal ini dapat dosen lakukan dengan aktif mensupervisi mahasiswa dalam kegiatan penelitian hingga mahasiswa mampu mempublikasikan hasil penelitian tersebut. (*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles