30 C
Kendari
Friday, May 24, 2024
spot_img

Dapat Dukungan Minimal 17.031 KTP, Sudah Bisa Daftar Calon Bupati Kolaka

Laporan: Abdul Saban

SIBERKITA.COM, KOLAKA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka membuka penerimaan penyerahan dokumen syarat dukungan oleh bakal pasangan calon perseorangan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka untuk Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2A24 dengan ketentuan, harus mendapatkan dukungan dari masyarakat sebanyak 17.031 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Hal ini berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kolaka Nomor 49 Tahun 2024 tentang Syarat Minimal dan Persebaran Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kolaka Tahun 2O24.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua KPU Kolaka Abdul Rahman itu, mencatat bahwa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) tahun 2024 di daerah ini sebesar 170.305 yang tersebar di 12 kecamatan.

Dari sini, KPU Kolaka menetapkan batas minimal dukungan perseorang adalah 10 persen dari jumlah DPT, yang tersebar minimal di tujuh (7) kecamatan di daerah ini, sehingga ditetapkan batas minmal dukungan untuk calon perseorangan adalah 17.031 suara, yang dibuktikan dengan KTP.

Selain itu, syarat yang harus dipenuhi oleh Bakal Cabup dan Cawabup Kolaka dari jalur perseorangan pada Pilkada 2024 adalah:

  1. Mengajukan surat penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan menggunakan formulir B.PENYERAHAN DUKUNGAN.KWK?PERSEORANGAN dalam bentuk fisik disampaikan langsung dan digital yang diunggah di Silon;
  2. Jumlah dukungan menggunakan formulir Model B.JUMLAH.DUKUNGAN.KWK dalam bentuk fisik disampaikan langsung dan digital yang diunggah di Silon;
  3. Surat pernyataan dukungan masing-masing pendukung menggunakan formulir Model B.1-KWK-PERSEORANGAN yang diunggah di Silon;
  4. Dalam hal usia dan status perkawinan atau status pekerjaan pendukung yang tercantum pada KTP-el tidak sesuai dengan usia dan status perkawinan atau status pekerjaan pendukung sebenarnya yang dapat berpengaruh terhadap pemenuhan syarat pendukung, pendukung menyertakan surat pernyataan identitas pendukung dengan menggunakan formulir Model PERNYATAAN.IDENTITAS.PENDUKUNG.KWK yang dilampiri dengan bukti yang menerangkan status perkawinan atau status pekerjaan Pemilih.
  5. Waktu pelaksanaa pengajuan mulai tanggal 8 Mei 2024 – 11 Mei 2024 dari pukul 08.0 – 16.00 waktu setempat, serta hari Minggu tanggal 12 Mei 2024 mulai pukul 08.00 – 23.59 waktu setempat.
  6. Dokumen diajukan di ruang Helpdesk Pencalonan Kantor KPU Kabupaten Kolaka, Jalan Pendidikan No 45 Kelurahan Balandete Kecamatan Kolaka Kabupaten Kolaka.(*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles