23.9 C
Kendari
Sunday, July 21, 2024
spot_img

KPU Kolaka Luncurkan Tahapan dan Penyelenggaraan Pilkada 2024

Laporan: Abdul Saban 

SIBERKITA.COM, KOLAKA – Komisi pemilihan umum Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara meluncurkan tahapan dan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan wakil Bupati di Alun-alun Sembilanbelas November, Selasa (25/6/2024) malam.

Ketua KPU Kolaka, Abdul Rahman mengatakan moment tersebut merupakan rangkaian pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 yang telah diluncurkan pertama kali secara nasional oleh KPU RI di Jogjakarta, serta provinsi Sultra pada pekan lalu.

Dia menjelaskan, peluncuran tahapan tersebut menjadi pertanda kesiapan KPU Kolaka untuk menyelenggarakan seluruh tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra tahun ini.

KPU Kolaka telah melaksanakan tahapan persiapan Pilkada Serentak 2024 diantaranya dengan membentuk badan ad-hock penyelenggaraan baik di level kecamatan maupun desa dan kelurahan.

“KPU Kolaka telah membentuk PPK yang terdiri dari 60 petugas di 12 kecamatan di kabupaten Kolaka, serta 405 tenaga PPS di 130 desa dan kelurahan,” ujar Abdul Rahman.

“Terbaru, kami juga telah melakukan perekrutan petugas Pantarlih untuk melakukan verifikasi faktual daftar pemilih Pilkada 2024,” tambahnya.

Selain itu, KPU Kolaka juga mengumumkan pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka jalur perseorangan, dimana hingga saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi faktual terhadap dokumen syarat dukungannya.

Selain itu, sejak tanggal 24 Juni hingga 25 Juli mendatang, petugas Pantarlih sedang melakukan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) untuk memastikan data wajib pilih Pilkada serentak 2024 tervalidasi dengan benar.

“Kami menyadari, pelaksanaan Pilkada membutuhkan kerja bersama untuk kesuksesan agenda besar ini, dibutuhkan dukungan Pemda dan Forkopimda, Perguruan Tinggi, Organisasi Masyarakat, Organisasi Pemuda, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat,” ungkap Rahman.

Rahman juga berharap, pelaksanaan Pilkada 2024, masyarakat dan semua pihak ini agar saling menghargai perbedaan dan bersatu dalam semangat keberagaman serta jangan mudah terprovokasi terhadap isu SARA dan berita bohong (hoax).

Sementara itu, Kasat Pol PP Pemda Kolaka, Muhammad Said yang membacakan sambutan Penjabat Bupati Kolaka mengatakan, pihaknya mendukung penuh KPU Kolaka agar pelaksanaan Pilkada 2024 berlangsung sukses.

Kata dia, dukungan tersebut telah diberikan oleh Pemda Kolaka, baik dari segi penganggaran, Sumber Daya Manusia serta penyimpanan kesekretariatan untuk badan ad-hock baik untuk PPK maupun PPS di seluruh desa dan kelurahan di kabupaten Kolaka.

Selain itu, kata Said, Pemda Kolaka juga telah memberikan himbauan akan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), sosialisasi tahapan Pilkada dan himbauan mendukung Kamtibmas serta kenaikan partisipasi pemilih.

“Pemerintah memberikan dukungan penuh kepada KPU baik anggaran maupun pemenuhan sumber daya manusia,” kata Muhammad Said.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Provinsi Sultra, Asril mengungkapkan, pelaksanaan Pilkada kali ini terjadi kenaikan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 15.689 dari total DPT Pemilu 2024.

“Hasil sinkronisasi DPT Pemilu 2024 yang sudah kita lakukan ada kenaikan 15.689. Sehingga DPT Pilkada serentak Sultra tahun ini sebanyak 1.883.620 pemilih. Data ini sedang dilakukan pencocokan dan penelitian oleh Pantarlih,” kata Asril.

Selain itu, dia juga mengumumkan bahwa pelaksanaan Pilkada tahun ini terdapat lima kabupaten/kota yang memiliki calon perseorangan, yakni kabupaten Kolaka, Bombana, Buton, Muna Barat dan Kota Baubau.

Kata dia, semua bakal calon perseorangan tersebut sedang dilakukan verifikasi faktual terhadap dukungannya.(*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles