24.5 C
Kendari
Sunday, July 21, 2024
spot_img

Pusat Inkubator Talenta Mahasiswa USN Kolaka Raih Peringkat Pertama dalam Visitasi Program PKKPT

Laporan: Abdul Saban

SIBERKITA.COM, KOLAKA – Pusat Inkubator Talenta Mahasiswa (PITM) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka berhasil meraih peringkat pertama dari delapan perguruan tinggi terpilih yang telah diikuti 80 Perguruan Tinggi yang menjalani implementasi proyek perubahan Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PKKPT).

Prestasi ini diraih USN Kolaka dalam penilaian yang dilakukan Direktorat Sumberdaya Kemendikbudristek saat melakukan kunjungan dalam rangka visitasi program PKKPT yang telah berlangsung di Universitas Sembilanbelas November Kolaka.

Delapan perguruan tinggi yang menempati peringkat teratas dalam implementasi proyek perubahan PKKPT dari 80 perguruan tinggi tersebut adalah:

  1. USN Kolaka
  2. Universitas Anwar Medika Sidoarjo
  3. Universitas Sari Mulia Banjarmasin
  4. Institut Teknologi PLN Jakarta
  5. Universitas Pignatelli Triputra
  6. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  7. Universitas Amir Hamzah Deli Serdang
  8. Universitas Djuanda Bogor

PITM USN Kolaka merupakan hasil Proyek Perubahan yang digagas oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Qammaddin. Implementasi proyek ini mendapat dukungan penuh dari Rektor Nur Ihsan, para dekan dan seluruh pimpinan USN Kolaka, serta Tahir selaku Ketua Tim PITM, dengan kebijakannya dalam memenuhi Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU 1 & 2).

“PITM USN Kolaka adalah wadah unggulan bagi mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakat mereka, baik dalam riset, inovasi, pembelajaran, seni, budaya, bahasa, maupun olahraga. Terbuka peluang bagi USN Kolaka untuk mengusulkan infrastruktur penunjang talenta mahasiswa melalui Direktorat Sumber Daya Kemdikbudristek,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Qammadin dalam sambutannya, Kamis (20/6/2024).

Dia menambahkan, Pusat Inkubator Talenta Mahasiswa ini juga akan diberi ruang untuk presentasi dalam acara diseminasi nasional yang diikuti seluruh PTN dan PTS Indonesia pada Juli 2024 di Kemendikbudristek.

Ketua Tim Visitasi, Aulia Iskandaryah dalam sambutannya menyampaikan kesan mendalam terhadap program PITM yang telah berjalan sesuai dengan konsep Desain Thinking dalam rangkaian Tata Kala Proyek Perubahan.

“Keberlanjutan program ini menjadi pantauan kami agar tetap berjalan hingga diseminasi nasional pada Juli 2024,” ujarnya.

Dengan prestasi ini, USN Kolaka tidak hanya mengukuhkan posisinya sebagai institusi pendidikan yang inovatif tetapi juga membuka peluang besar untuk pengembangan lebih lanjut dalam mendukung talenta mahasiswa.(*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles