28.7 C
Kendari
Friday, June 14, 2024
spot_img

USN Go Internasional, Jalin Kerjasama dengan Asia University Taiwan

Laporan: Abdul Saban

SIBERKITA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Asia University, Taiwan untuk memperkuat kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, serta membuka peluang pertukaran mahasiswa dan dosen antara kedua universitas.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh delegasi USN Kolaka yang dipimpin Wakil Rektor I Bidang Akademik, Rina Rembah dalam kunjungan kerjanya di Taiwan (30/5/2024) lalu sebagai rangkaian partisipasi kampus merah marun tersebut dalam kegiatan The 10th International Conference on Community Development yang diselenggarakan oleh Association of Muslim Community in Southeast Asia (AMCA) dan Asia University, Taiwan.

Delegasi dari USN Kolaka mendapat sambutan hangat dari Asia University, Taiwan yang diwakili oleh Dekan International College dan Humanities and Social Sciences College Prof. Yinghuei Chen.

Selanjutnya pada 31 Mei 2024 dilakukan penandatanganan MoU oleh President Asia University Prof. Jeffrey J. P. Tsai dengan Rektor USN Kolaka yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Rina Rembah.

Dalam kesempatan itu, Rina Rembah menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah bagian dari komitmen Rektor USN Kolaka Nur Ihsan Halil untuk meningkatkan internasionalisasi dan memperluas jaringan kerjasama internasional.

“Kerjasama dengan berbagai universitas terkemuka di dunia merupakan salah satu wujud komitmen Rektor USN Kolaka dalam mendorong internasionalisasi kampus untuk memperkuat posisi USN Kolaka di kancah internasional dan memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia,” ujar Rina, Senin (3/6/2024).

Kata dia, MoU tersebut akan membawa banyak manfaat bagi USN Kolaka, termasuk peningkatan kualitas pendidikan melalui pertukaran mahasiswa (Student Exchange) ke Asia University, Taiwan, dan pengembangan kapasitas penelitian dosen melalui kolaborasi riset internasional,” sambungnya.

Kolaborasi ini juga akan membantu dosen dan mahasiswa untuk lebih siap menghadapi tantangan global dengan wawasan dan pengalaman internasional.

Dalam kesempatan itu, delegasi USN Kolaka juga melakukan penjajakan mengenai partisipasi Asia University, Taiwan pada International Conference USN Kolaka (IC-USN Kolaka). Kegiatan konferensi internasional (IC-USN Kolaka) ini merupakan kegiatan tahunan rutin yang melibatkan peneliti dan pembicara dari berbagai negara yang pada tahun ini mengusung tema Keamanan pangan “Food Security”. Penjajakan ini disambut positif oleh pihak Asia University yang juga berkomitmen melakukan kolaborasi dengan USN Kolaka.

Tawaran tersebut disambut baik oleh Asia University, Taiwan. Melalui Prof. Yinghuei Chen juga menyampaikan kegembiraannya yang dapat menjalin kerjasama dengan USN Kolaka.

“Kami yakin bahwa kerjasama ini akan memberikan manfaat besar bagi kedua institusi, terutama dalam hal pertukaran pengetahuan dan peningkatan kapasitas akademik. Kami berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan kerjasama ini dan berharap dapat melihat banyak kolaborasi produktif di masa yang akan datang,” ujar Prof. Yinghuei Chen. (*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles